1.12.09

CRM, Binatang baru apa lagi ini?

Sekedar sharing, pada saat masih duduk-menduduki bangku yang ada diruangan kuliah saya diberi pengetahuan singkat mengenai apa itu dunia creative dalam kehidupan nyatanya (emang dulu hidup gw gak nyata?beuuh).





Pertama, itu ada Above The Line (media iklan lini atas) Mass Media, sebagai sebuah sarana berkomunikasi dengan masyarakat luas (karena penyebaran medianya) seperti Billboard, Koran, Majalah, Radio dan Iklan Televisi. Tentu dengan tata cara berbahasanya yang halus (halah!), mudah diingat, singkat, padat dan jelas, disinilah pencitraan sebuah brand disebarkan ke khalayak ramai okey next...



Kedua, itu ada yang punya nama Below The Line (media iklan lini Bawah) sifatnya cepat, banyak, lebih tepat sasaran (area penyebarannya difokuskan pada area yang sudah dipastikan sebagai “wilayah bermain” taget komunikasinya) betuknya bisa jadi baligo, spanduk, poster, flyer, leaflet, brochure, sticker, x banner, spot iklan di majalah gratisan (majalahnya yang dibagiin gratis bukan masang iklannya yang gratis yah :P) dan yang pastinya sifat komunikasi disini lebih jelas (lebih banyak yang dijabarinnya), keunggulan brand dan segala macem jeroannya yang indah-indah juga pastinya.Tujuannya sih sudah pasti, supaya brand dan pembelinya jadi kenalan “lebih dalem” gitu hehehehehehe.


Terus ada lagi nih, yang ketiga Brand Activation. Nah si Brand ini dipromosiin dalam bentuk acara, bisa musik, outbound, sampe yang ekstreem banget – kaya offroad dll. Kalo di-analogi-kan sebagai manusia si Brand sama Pembelinya itu dah kaya sohib, di kasih experience-nya di ajak maen, di ajak ngerasain kalo “maen-maen bareng” sama temen-nya ini bisa dapet banyak keuntungan, pengalaman, dan ujung-ujungnya jadi lumayan kenal benget deh sama si Brand yang cantik atau ganteng ini.


Setelah dikasih tau tiga kegiatan promosi tadi sama si bapak dosen dan pengalaman kerja, masih ada yang sedikit demi sedikit bertamabah menuh-menuhin kepala. > Hasilnya bisa jadi si pembeli jadi curhat betapa senangnya dia “bermain bersama si Brand” kepada seluruh sanak saudara, tetangga, dan tauladan (haiyah!) menciptakan sebuah dampak positif yang bernama iklan gratis word of mouth, yang biar mudahnya di bilang sebagai gossip “positif” ketenaran sebuah Brand, dah kaya artis bukan? Hehehe...





Lalu-lalu, ada nih yang belakangan jadi sangat popular namanya CRM, (jiah binatang baru apaan lagi ini?), sebenernya bukan baru-baru amat sih, gw dah hampir 3 tahun nyemplun dan berenang-berenang di dalemnya.(Cielieee…).


 


CRM (Customer Relationship Management) dari namanya aja kita bisa tau kalo salah satu aktivitas promosi ini menjaga hubungan baik dengan pelanggan, bahasa gaulnya (ehm.. sambil garuk-garuk kepala..) Brand pacaran dengan pelanggan :D, nah iya itu.. di”pacarin” itu maksudnya biar gak selingkuh ke brand lain, terus yang namanya pacaran, awal mulanya “nembaknya” pelanggan setuju jadi “pacar” dengan mengisi data (Member Application Form) yang penyebarannya bisa melalui, form di dalam kemasan ataupun pada saat program Brand Activation dilakukan (ceritanya ngedate gitu deh).. 




kemudian setelah kenal, alamatnya dimana, kapan ulang tahunnya, seperti kegiatan pacaran, Brand akan mengirimkan surat cinta pertamanya (Welcome kit), di sertai hadiah, Member Card, iya sebagai bukti “pacar”-nya si Brand dan untuk mendapatkan special diskon dari Merchant-merchant agar suasana “pacaran” ini menyenangkan dan saling menguntungkan.
Ada berbagai cara agar pelanggan tetep setia, di bikinlah program per 3 bulan atau disesuaikan dengan karakter Brand itu sendiri, dan layaknya sebuah hubungan saling memberi dan menerima, pelangan juga mendapatkan tiket acara special, jika ia mengirimkan bukti pembelian produk  :D.. jadi sama2 untung kan?, kalo contoh paling mudah dan paling banyak dikenal saat ini adalah system poin reward, beli produk dapet point yang bisa di tukar dengan berbagai jenis hadiah, sesuai dengan jumlah poin, banyak dilakukan oleh jenis usaha perbankan.







Terdengar begitu mengasikkan bukan?, tapi coba di perhatikan berapa banyak bagian, mulai dari data imput, manajemen data, creative, event organizer, analisa data, shipment dan dukungan call center agen sebagai penjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan, jadi dapet di simpulkan CRM adalah sebuah kegiatan promosi yang besar, berjangkawaktu  yang panjang serta melibatkan banyak sekali pihak :D di situlah seni-nya.





Tapi bagaimanakah cara si Brand berbicara kepada kekasihnya (pelanggan), pastinya dengan komunikasi personal satu lawan satu, imbangkan? hehehehe .. Dengan sifat komunikasi yang personal seperti ini, diharapkan hasilnya akan berpengaruh baik bagi penjualan dan kepuasan pelanggan :D.

Tidak ada komentar: